Jumat, 10 Oktober 2014

ETIKA, PROFESI DAN ETIKA PROFESI (TUGAS 1)



Etika (Ethics) berasal dari kata Yunani ethos, yang berarti akhlak, adat kebiasaan, watak, perasaan, sikap, yang baik, yang layak. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (Purwadarmita, 1953), etika adalah ilmu pengetahuan tentang azas akhlat. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1988), etika adalah:
-       Ilmu tentang apa yang baik, apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral
-       Kumpulan atau seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak
-       Nilai yang benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat

Profesi (Profess) merupakan pekerjaan yang memerlukan pendidikan dan latihan tertentu, memiliki kedudukan yang tinggi dalam masyarakat, seperti ahli hukum (hakim, pengacara), wartawan, dosen, mekanik, insinyur, dan lain lain.
Ciri khas profesi:
-       Pendidikan sesuai standar nasional
-       Mengutamakan panggilan kemanusiaan
-       Berlandaskan etik profesi, mengikat seumur hidup
-       Legal melalui perizinan
-       Belajar sepanjang hayat
-       Anggota bergabung dalam satu organisasi profesi


Etika Profesi merupakan cabang filsafat yang mempelajari penerapan prinsip-prinsip moral dasar atau norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) kehidupan manusia.
Prinsip Etika Profesi :
-       Tanggung Jawab
-       Keadilan
-       Otonomi

Etika Profesi dalam Teknik Mesin merupakan suatu etika yang ada dalam suatu pekerjaan atau professi yang bergerak dibidang teknik mesin, seperti misalnya ahli las, ahli las (pengelas) biasanya bergerak dalam bidang pembuatan suatu pipa besi (gas,air kimia,pabrik) dalam menghadapi oranglain (dalam hal ini konsumen) kita sebagai pengelas harus mempunyai etika yang baik, misalnya dalam menyampaikan informasi kepada konsumen, menjelaskan proses pengerjaan dari barang yang diinginkan oleh konsumen hingga menghadapi komplai (protes) dari konsumen bila ada trouble pada produk yang kita berikan kepada konsumen, jadi intinya etika sebagai pengelas adalah harus memahai seluruh proses pembuatan produk, dapat menjelaskannya ke konsumen dengan baik dan ramah, serta dalam menerima keritikan untuk produk yang dihasilkan dari konsumen.

Sumber:
§  Jusuf Hanafiah, Amir. 2007. Etika-Etika Profesi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar