Selasa, 20 November 2012

input/output unit dan arsitektur family komputer (ibm)


TUGAS ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER KE-3

1.INPUT/OUTPUT UNIT .

INPUT/OUTPUT adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya).
Fungsi  INPUT/OUTPUT , pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi hal ini dikarenakan kode aplikasi sangat fleksible dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.

A.SISTEM BUS .

 Bus adalah Jalur komunikasi yang dibagi pemakai Suatu set kabel tunggal yang digunakan untuk menghubungkan berbagai subsistem. Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi yang dapat digunakan bersama. Sistem komputer terdiri dari sejumlah bus yang berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada bermacam-macam tingkatan hirarki sistem komputer.

Suatu Komputer tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU, memori, perangkat Input/Output. setiap computer saling berhubungan membentuk kesatuan fungsi. Sistem busadalah penghubung bagi keseluruhan komponen computer dalam menjalankan tugasnya. Transfer data antar komponen komputer sangatlah mendominasi kerja suatu computer. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi CPU melalui perantara bus, begitu juga kita dapat melihat hasil eksekusi melalui monitor juga menggunakan system bus.

B.STANDAR INPUT/OUTPUT INTERFACE .

Input / Output standar (I / O) pelaksanaan komponen dirancang untuk menciptakan server-side memperluas metode dalam salah satu bahasa scripting beberapa di UNIX berbasis server. Anda bisa menerapkan komponen I / O standar menggunakan sebuah program yang dikompilasi, tetapi Dynamic Link Library (DLL) akan jauh lebih efisien. Pilihan I / O penerapan standar tidak tersedia untuk server yang berjalan di bawah Microsoft Windows 95 atau Microsoft Windows NT ®, dan hanya dapat digunakan untuk mengimplementasikan server-side memperluas metode, dan bukan sisi klien metode edit.
Pelaksanaan I / O Standar ini dirancang untuk menjadi seperti mirip dengan program CGI tradisional mungkin.Data akan diteruskan ke komponen I / O Standar dalam dua cara. Variabel lingkungan CGI dilewatkan melalui lingkungan proses '. Dua lainnya kamus (atribut komponen dan variabel bentuk) yang digabungkan menjadi satu kamus, dan diteruskan ke implementasi komponen melalui file input standar proses dalam WWW-form-urlencoded format. Ini adalah format yang sama diharapkan oleh setiap skrip CGI standar yang mengharapkan untuk menangani pengiriman form. File output standar yang digunakan untuk mengembalikan HTML yang dihasilkan.
Jika Anda ingin membuat komponen dalam bahasa scripting selain Perl dan Tcl (bahasa yang digunakan dalam contoh SDK FrontPage), Anda perlu memastikan bahwa bahasa scripting mendukung standar I / O, dan Anda perlu membuat prosedur yang mem-parsing membentuk data dari file input standar ke struktur data internal.Ada banyak contoh rutinitas seperti untuk bahasa lain yang tersedia di Internet.

C.PENGAKSESAN PERALATAN INPUT/OUTPUT .

·                     Pengaksesan Peralatan Input/Output
Pengaksesan I/O terdiri dari 2 cara :
1. MEMORY MAPPED I/O
Piranti I/O dihubungkan sebagai lokasi memori virtual dimana port I/O tergantung memori utama.
Karakteristik:
- Port I/O dihubungkan ke bus alamat.
- Piranti input sebagai bagian memori yang memberikan data ke bus data. Piranti output sebagai bagian memori yang memiliki data yang tersimpan di dalamnya.
- Port I/O menempati lokasi tertentu pada ruang alamat
dan diakses seolah-olah adalah lokasi memori.
2. I/O MAPPED I/O (I/O ISOLATED)
Piranti I/O dihubungkan sebagai lokasi terpisah dengan lokasi memori, dimana port I/O tidak tergantung pada memori utama.
Karakteristik:
- Port I/O tidak tergantung memori utama.
- Transfer informasi dilakukan di bawah kendali sinyal kontrol yang menggunakan instruksi INPUT dan OUTPUT
- Operasi I/O tergantung sinyal kendali dari CPU.
- lnstruksi I/O mengaktifkan baris kendali read/write pada port I/O, sedangkan instruksi memori
akan mengaktifkan baris kendali read/write pada memori.
- Ruang memori dan ruang alamat I/O menyatu, sehingga dapat memiliki alamat yang sama.
Kelebihan dan kekurangan:
- I/O mapped I/O Iebih cepat dan efisien, karena lokasi I/O terpisah dengan lokasi memori.
- I/O mapped I/O mempunyai keterbatasan jumlah instruksi yang dapat digunakan untuk operasi I/O



2.ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM) .

A.FAMILY IBM PC DAN TURUNANNYA.

IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan IBM. IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan “dipensiunkan” pada tanggal 2 April 1987. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga, yakni :
            IBM 4860 PCjr
            IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
            IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
            IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
            IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
            IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286
            IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology

a.  Komputer personal pertama kali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal   yang terdiri dari set register , ALU dan unit control komputer
b.  IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS
c.  PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB.

B.KONFIGURASI MIKROKOMPUTER DASAR

Chipset adalah set dari chip yang mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.

C. Komponenn IBM PC

1. Sistem Kontrol BUS : Pengontrol BUS, Buffer Data, dan Latches Alamat
2. Sistem Kontrol Interrupt : Pengontrol Interrupt
3. Sistem Kontrol RAM dan ROM : Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
4. Sistem Kontrol DMA : Pengontrol DMA
5. Timer : Timer Interval Programmable
6. Sistem Kontrol I/O : Interface Paralel Programmable

D.Sistem software 

System software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk fisik. Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum fisika atau oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta pengelolaan proyek pengembangan software adalah sulit karena kenyataan-kenyataan sebagai berikut : 

1. kompleks, sehinggasulit untuk dipahami
2. tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak   sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
3. mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan. 

Software komputer adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa atau pengembangan, yang menghasilkan aktivitas berupa :
1. dokumen-dokumen yang menspesifikasikan program yang hendak dibangun
2. program yang dieksekusi komputer
3. dokumen yang menjelaskan program dan cara kerjanya program

System software
1. Penetapan Alamat Port I/O
2. Penetapan Vector Interrupt
3. ROM BIOS
4. Penetapan Alamat Memori

E.Manfaat arsitektural arsitek komputer

Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu :
    1. Aplicability
    2. Maleability
    3. Expandibility
 4. Comptible

 Kinerja Sistem
    Untuk mengukur kinerja sistem,ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji
  
     Ukuran Kinerja CPU:
     1. MIPS (Million Instruction PerSecond)
     2. MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
     3. VUP (VAX Unit of Performance)
   
    Ukuran Kinerja I/O Sistem :
       1. Operasi Bandwith
       2. Operasi I/O Perdetik
       Ukuran Kinerja Memori :
       1. Memoy Bandwith
       2. Waktu Akses Memori
      3. Ukuran Memori  

 Biaya Sistem
Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya :
     1. Reliabilitas
     2. Kemudahan Perbaikan
     3. Konsumsi daya
     4. Berat
     5. Kekebalan
     6. Interface Sistem Software

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar