TUGAS ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER KE-3
1.INPUT/OUTPUT UNIT .
INPUT/OUTPUT
adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus
melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya).
Fungsi INPUT/OUTPUT , pada dasarnya adalah
mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi hal ini dikarenakan kode
aplikasi sangat fleksible dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah
sistem crash.
A.SISTEM
BUS .
Bus adalah Jalur komunikasi yang dibagi
pemakai Suatu set kabel tunggal yang digunakan untuk menghubungkan berbagai
subsistem. Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media
transmisi yang dapat digunakan bersama. Sistem komputer terdiri dari sejumlah
bus yang berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada
bermacam-macam tingkatan hirarki sistem komputer.
Suatu Komputer tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU, memori, perangkat Input/Output. setiap computer saling berhubungan membentuk kesatuan fungsi. Sistem busadalah penghubung bagi keseluruhan komponen computer dalam menjalankan tugasnya. Transfer data antar komponen komputer sangatlah mendominasi kerja suatu computer. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi CPU melalui perantara bus, begitu juga kita dapat melihat hasil eksekusi melalui monitor juga menggunakan system bus.
B.STANDAR
INPUT/OUTPUT INTERFACE .
Input / Output standar (I / O)
pelaksanaan komponen dirancang untuk menciptakan server-side memperluas metode
dalam salah satu bahasa scripting beberapa di UNIX berbasis server. Anda
bisa menerapkan komponen I / O standar menggunakan sebuah program yang
dikompilasi, tetapi Dynamic Link Library (DLL) akan jauh lebih
efisien. Pilihan I / O penerapan standar tidak tersedia untuk server yang
berjalan di bawah Microsoft Windows 95 atau Microsoft Windows NT ®, dan hanya
dapat digunakan untuk mengimplementasikan server-side memperluas metode, dan
bukan sisi klien metode edit.
Pelaksanaan I / O Standar ini dirancang
untuk menjadi seperti mirip dengan program CGI tradisional mungkin.Data akan
diteruskan ke komponen I / O Standar dalam dua cara. Variabel lingkungan
CGI dilewatkan melalui lingkungan proses '. Dua lainnya kamus (atribut
komponen dan variabel bentuk) yang digabungkan menjadi satu kamus, dan
diteruskan ke implementasi komponen melalui file input standar proses
dalam WWW-form-urlencoded format. Ini adalah format yang sama
diharapkan oleh setiap skrip CGI standar yang mengharapkan untuk menangani pengiriman
form. File output standar yang digunakan untuk mengembalikan HTML yang
dihasilkan.
Jika Anda ingin membuat komponen dalam
bahasa scripting selain Perl dan Tcl (bahasa yang digunakan dalam contoh SDK
FrontPage), Anda perlu memastikan bahwa bahasa scripting mendukung standar I /
O, dan Anda perlu membuat prosedur yang mem-parsing membentuk data dari file
input standar ke struktur data internal.Ada banyak contoh rutinitas seperti
untuk bahasa lain yang tersedia di Internet.
C.PENGAKSESAN PERALATAN INPUT/OUTPUT .
·
Pengaksesan Peralatan Input/Output
Pengaksesan
I/O terdiri dari 2 cara :
1. MEMORY
MAPPED I/O
Piranti I/O
dihubungkan sebagai lokasi memori virtual dimana port I/O tergantung memori
utama.
Karakteristik:
- Port I/O
dihubungkan ke bus alamat.
- Piranti
input sebagai bagian memori yang memberikan data ke bus data. Piranti output
sebagai bagian memori yang memiliki data yang tersimpan di dalamnya.
- Port I/O
menempati lokasi tertentu pada ruang alamat
dan diakses
seolah-olah adalah lokasi memori.
2. I/O
MAPPED I/O (I/O ISOLATED)
Piranti I/O
dihubungkan sebagai lokasi terpisah dengan lokasi memori, dimana port I/O tidak
tergantung pada memori utama.
Karakteristik:
- Port I/O
tidak tergantung memori utama.
- Transfer
informasi dilakukan di bawah kendali sinyal kontrol yang menggunakan instruksi
INPUT dan OUTPUT
- Operasi
I/O tergantung sinyal kendali dari CPU.
- lnstruksi
I/O mengaktifkan baris kendali read/write pada port I/O, sedangkan instruksi
memori
akan
mengaktifkan baris kendali read/write pada memori.
- Ruang
memori dan ruang alamat I/O menyatu, sehingga dapat memiliki alamat yang sama.
Kelebihan
dan kekurangan:
- I/O
mapped I/O Iebih cepat dan efisien, karena lokasi I/O terpisah dengan lokasi
memori.
- I/O
mapped I/O mempunyai keterbatasan jumlah instruksi yang dapat digunakan untuk
operasi I/O
2.ARSITEKTUR FAMILY KOMPUTER (IBM) .
A.FAMILY
IBM PC DAN TURUNANNYA.
IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi buatan IBM.
IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan “dipensiunkan” pada tanggal 2
April 1987. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga,
yakni :
IBM 4860 PCjr
IBM 5140 Convertible Personal Computer
(laptop)
IBM 5150 Personal Computer (PC yang
asli)
IBM 5155 Portable PC (sebenarnya
merupakan PC XT yang portabel)
IBM 5160 Personal Computer/eXtended
Technology
IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology
Model 286
IBM 5170 Personal Computer/Advanced
Technology
a. Komputer personal pertama kali muncul
setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang
terdiri dari set register , ALU dan unit control komputer
b. IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal
yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS
c. PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur
data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah
1 MB.
B.KONFIGURASI MIKROKOMPUTER DASAR
Chipset adalah set dari chip yang mendukung
kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol
interupt, pengontrol bus dan timer.
Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan
CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya.
C. Komponenn IBM PC
1. Sistem Kontrol BUS : Pengontrol BUS, Buffer
Data, dan Latches Alamat
2. Sistem Kontrol Interrupt : Pengontrol
Interrupt
3. Sistem Kontrol RAM dan ROM : Chip RAM dan ROM,
Decoder Alamat, dan Buffer
4. Sistem Kontrol DMA : Pengontrol DMA
5. Timer : Timer Interval Programmable
6. Sistem Kontrol I/O : Interface Paralel
Programmable
D.Sistem software
System software adalah abstrak, tidak memiliki bentuk
fisik. Software tidak dibatasi oleh material serta tunduk pada hukum-hukum
fisika atau oleh proses-proses manufaktur. Pengembangan software serta
pengelolaan proyek pengembangan software adalah sulit karena
kenyataan-kenyataan sebagai berikut :
1. kompleks, sehinggasulit untuk dipahami
2. tidak tampak, maka pengukuran kualitas software agak sulit dilakukan dan sulit melacak kemajuan pengembangannya
3. mudah berubah, karena mudah untuk dimodifikasi namun kita sulit sekali melihat terlebih dahulu konsekuensi dari perubahan-perubahan yang dilakukan.
Software komputer adalah produk yang dihasilkan melalui serangkaian aktivitas proses rekayasa atau pengembangan, yang menghasilkan aktivitas berupa :
1. dokumen-dokumen yang menspesifikasikan program yang hendak dibangun
2. program yang dieksekusi komputer
3. dokumen yang menjelaskan program dan cara kerjanya program
System software
1. Penetapan Alamat Port I/O
2. Penetapan Vector Interrupt
3. ROM BIOS
4. Penetapan Alamat Memori
E.Manfaat arsitektural arsitek komputer
Ada empat ukuran pokok yang menentukan
keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu :
1. Aplicability
2. Maleability
3. Expandibility
4. Comptible
Kinerja Sistem
Untuk mengukur kinerja sistem,ada serangkaian
program yang standard yang dijalankan yang biasa di sebut Benchmark pada
komputer yang akan diuji
Ukuran Kinerja CPU:
1. MIPS (Million Instruction PerSecond)
2. MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
3. VUP (VAX Unit of Performance)
Ukuran Kinerja I/O Sistem :
1. Operasi Bandwith
2. Operasi I/O Perdetik
Ukuran Kinerja Memori :
1. Memoy Bandwith
2. Waktu Akses Memori
3. Ukuran Memori
Biaya Sistem
Biaya dapat diukur dalam banyak cara diantaranya :
1. Reliabilitas
2. Kemudahan Perbaikan
3. Konsumsi daya
4. Berat
5. Kekebalan
6. Interface Sistem Software
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar